RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Progaram : IX
Semester :
Genap
Standar Kompetensi :
6. Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator :
6.3.1. Mengenal pengertian deret aritmetika dan
deret geometri naik atau turun
6.3.2. Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu memahami pengertian deret aritmetika dan deret geometri.
2. Siswa
mampu memahami deret geometri naik dan turun.
3. Siswa
dapat menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.
4. Siswa
daapt menentukan rumus jumlah n suku pertama deret geometri.
·
Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa ingin tahu,
kreatif, kerja keras, demokratis, disiplin, menghargai.
B.
Materi Ajar
1.
Deret Aritmetika
Deret Aritmetika
Bentuk umum deret aritmetika adalah:
a+( a + b)+( a + 2b)+(
a + 3b)+ . . .+{ a+(n–1)b}
Suku ke-n
barisan aritmetika (Un) dirumuskan sebagai:
Un = a + (n –1)b
Rumus jumlah n suku
pertama deret aritmetika:
Rums suku tengah (Ut)
:
Rumus jumlah n suku
pertama sesudah sisipan (Sn'):
Ø Sifat deret aritmetika:
................................. (sifat 1)
........................... (sifat 2)
.................................(sifat 3)
............................................(sifat
4)
2.
Deret
Geometri
Deret Geometri
Bentuk umum deret geometri adalah:
Pada deret geometri U1 + U2 + U3 + U4
+ . . . + Un,
jika Un+1 > Un
maka deretnya disebut deret geometri naik, dan jika Un+1 < Un ,
maka deretnya disebut deret geometri turun.
Rumus suku ke-n,
Jumlah n suku
pertama (Sn)
Rumus suku tengah (Ut)
Jumlah n suku
pertama sesudah sisipan (Sn')
Sifat deret geometri
......................... (sifat 1)
...................... (sifat 2)
.................... (sifat 3)
C.
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan : Student Center
Aproachment
Model :
Cooperative Learning tipe STAD (Student
Teams-Achievement Division)
Metode :
Expository, ceramah, diskusi, tanya jawab, kuis
D. Langkah Kegiatan:
Ø Pertemuan pertama
Guru
|
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
1.
Guru mengingatkan
kembali tentang beberapa bentuk barisan bilangan.
2.
Guru memberikan
motivasi siswa dengan mengarahkan bahwa dalam kegidupan sehari-hari banyak
hal yang menggunakan deret aritmetika dan deret geometri.
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.
Guru meminta siswa
berkelompok, masing-masing anggota 4-5 orang dan heterogen.
2.
Guru menjelaskan
materi tentang pengertian deret aritmetika dan geometri.
Elaborasi
1.
Guru memberikan tugas
pada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan mengenai pengertian deret aritmetika
dan deret geometri.
2.
Setelah masing-masing
kelompok berdiskusi, guru mengadakan kuis untuk dikerjakan masing-masing
siswa dan siswa tidak diperbolehkan untuk saling membantu.
Konfirmasi
1.
Guru meminta siswa
mengerjakan soal kuis di depan kelas.
2.
Guru memberikan
penjelasan jawaban dari soal kuis dan memberikan skor pada masing-masing
kelompok.
3.
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi.
Penutup
1. Guru
melakukan refleksi materi pembelajaran hari ini dengan melibatkan siswa.
2.
Guru memberikan tindak lanjut
yaitu arahan untuk mempelajari materi yang telah diajarkan karena akan
diadakan ulangan pada pertemuan selanjutnya.
|
1.
Siswa menyimak
penjelasan tentang bentuk bilangan.
2.
Siswa menyimak
motivasi dari guru.
1.
Siswa mengikuti
instruksi guru untuk membentuk kelompok.
2.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang pengertian deret aritmetika dan geometri.
1.
Siswa bersama kelopok
masing-masing berdiskusi mengenai pengertian deret aritmetika dan deret geometri.
2.
Siswa mengerjakan
soal kuis secara mandiri.
1.
Siswa mengerjakan
soal kuis di depan kelas.
2.
Siswa menyimak
penjelasan dari guru, dan menerima skor dari guru.
3.
Siswa menerima
penghargaan dari guru.
1.
Siswa bersama guru
melakukan refleksi materi pembelajaran.
2.
Sisiwa menyimak
arahan yang diberikan guru untuk mempelajarai materi.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Ø Pertemuan kedua
Guru
|
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
1.
Guru mengingatkan
kembali tentang pengertian deret aritmetika dan deret geometri.
2.
Guru memberikan
motivasi siswa dengan mengarahkan bahwa dalam kegidupan sehari-hari banyak
hal yang menggunakan deret aritmetika dan deret geometri.
Kegiatan inti
Eksplorasi
3.
Guru meminta siswa
berkelompok, masing-masing anggota 4-5 orang dan heterogen.
4.
Guru menjelaskan
materi tentang menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri
Elaborasi
3.
Guru memberikan tugas
pada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan mengenai deret aritmetika dan
deret geometri.
4.
Setelah masing-masing
kelompok berdiskusi, guru mengadakan kuis untuk dikerjakan masing-masing
siswa dan siswa tidak diperbolehkan untuk saling membantu.
Konfirmasi
4.
Guru meminta siswa
mengerjakan soal kuis di depan kelas.
5.
Guru memberikan
penjelasan jawaban dari soal kuis dan memberikan skor pada masing-masing
kelompok.
6.
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi.
Penutup
3. Guru
melakukan refleksi materi pembelajaran hari ini dengan melibatkan siswa.
4.
Guru memberikan tindak lanjut
yaitu arahan untuk mempelajari materi yang telah diajarkan karena akan
diadakan ulangan pada pertemuan selanjutnya.
|
1.
Siswa menyimak
penjelasan tentang pengertian deret aritmetika dan deret geometri.
2.
Siswa menyimak
motivasi dari guru.
3.
Siswa mengikuti
instruksi guru untuk membentuk kelompok.
4.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri
3.
Siswa bersama kelopok
masing-masing berdiskusi mengenai deret aritmetika dan deret geometri.
4.
Siswa mengerjakan
soal kuis secara mandiri.
4.
Siswa mengerjakan
soal kuis di depan kelas.
5.
Siswa menyimak
penjelasan dari guru, dan menerima skor dari guru.
6.
Siswa menerima
penghargaan dari guru.
3.
Siswa bersama guru melakukan
refleksi materi pembelajaran.
4.
Sisiwa menyimak
arahan yang diberikan guru untuk mempelajarai materi.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
E.
Alat dan sumber:
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
Projector
Sumber :
-
Nuniek Avianti Agus, BSE
Mudah Belajar Matematika untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Aliyah.
F.
Penilaian
Teknik :
tugas individu, tugas kelompok, kuis.
Bentuk instrumen : uraian obyektif
Instrumen :
Instrumen
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
Diketahui sutau
deret aritmetika dengan suku pertama 10 suku ke enam 20, dengan bedanya 2.
Tentukan jumlah enam suku pertama.
2.
Suatu deret geometri memiliki suku ketujuh 64 dan suku
kesepuluh 512, dengan rasionya 2. Tentukan a dan jumlah 8 suku pertamanya.
|
Diketahui
:
U1 = a = 10
U6 = 20
b=2
ditanya:
Jumlah enam suku
pertama?
Jawab :
) .............
...........
...................
.......................
Diketahui:
U7 = 64 dan U10 = 512. b=2
Didtanyakan :
a dan jumlah 8 suku
pertama
jawab:
maka
|
5
5
................. 10
..................10
................. 10
..................10
Total 50
10
20
20
Total 50
|
G. Pedoman
Penskoran
Pedoman penskoraan : masing-masing soal jika dijawab
benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap
skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :
Nilai
Akhir =
100
No 1 skor
50
No 2 skor
50
H. Pedoman Penilaian
Nilai Akhir =
100
Mengetahui, ..................,.......................
Kepala SMA
Guru Mata Pelajaran
`.............................................. ......................................................
NIP.
NIP.
Lampiran
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PERTEMUAN
PERTAMA
Standar Kompetensi :
6. Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator :
6.3.1. Mengenal pengertian deret aritmetika dan
deret geometri naik atau turun
A. Deret
aritmetika
Coba
kamu perhatikan barisan aritmetika berikut.
3,
6, 9, 12, 15, 18, ... , Un
Jika
kamu jumlahkan barisan tersebut, terbentuklah deret aritmetika sebagai berikut.
3
+ 6 + 9 + 12 + 15 + 18 + ... + Un
Jadi,
deret aritmetika adalah jumlah suku-suku barisan dari barisan aritmetika.
Bila suku-suku pada
barisan aritmetika naik dijumlahkan maka akan terbentuk deret aritmetika
naik, begitu pula bila sukusuku pada barisan aritmetika turun
dijumlahkan maka akan terbentuk deret aritmetika turun.
Let’s discuss
1. Suatu barisan aritmetika
memiliki suku pertama 5 dan beda 3. Tuliskan deret aritmetika dari barisan
tersebut.
·
Barisan aritmetikanya adalah ....
·
Deret aritmetikanya adalah .....
2.
Manakah
yang merupakan deret aritmetika? Deret naik atau turun?
a.
3
+ 6 + 9 + ...
b. 3 + 2 + 4 + 2 + ...
c. 1 + 5 + 9 + 13 + ...
3.
Apakah 2 + 5 + 8 + 11 + 14
+ 17 + . . . deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Apakah 2 + 6 + 10 + 14 +
18 + . . . deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Apakah 5+ 9+ 13+ 17+22+...
deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
B. Deret Geometri
Sama seperti deret aritmetika, deret geometri pun merupakan
jumlah suku-suku
dari suatu barisan geometri. Coba kamu perhatikan barisan
geometri berikut ini.
1, 3, 9, 27, 81, 243, 729, ..., Un
Jika kamu menjumlahkan suku-suku barisan geometri tersebut,
diperoleh
1+ 3 + 9 + 27 + 81 + 243 + 729 + ... +Un
Jadi, deret geometri
adalah jumlahan suku-suku barisan dari barisan geometri.
Bentuk
umum deret geometri adalah:
Pada deret geometri U1 + U2 + U3 + U4
+ . . . + Un,
jika Un+1 > Un
maka deretnya disebut deret geometri naik, dan jika Un+1 < Un ,
maka deretnya disebut deret geometri turun.
Let’s discuss
Nilai
|
Paraf
|
|
|
Apakah
a. 2 + 6 + 18 + 54 + 162 + .
. .
b.
2+(-6)+18+(-54)+162+.....
c.
-3+6+(-12)+....
d.
4+6+9+
e.
100+47+97+....
Merupakan deret geometri? Jika merupakan deret geometri, deret
naik atau deret turun?
Jawab :
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
SOAL KEGIATAN MANDIRI
1.
Bagaimanakah nilai dari
deret aritmetika naik? Jelaskan!
2.
Bagaimanakah nilai dari
deret aritmetika turun? Jelaskan!
3.
Bagaimanakah nilai dari
deret geometri naik? Jelaskan!
4.
Bagaimanakah nilai dari
deret geometri turun? Jelaskan!
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PERTEMUAN
KEDUA
Standar Kompetensi :
6. Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator :
6.3.2. Menentukan
rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika
dan deret geometri
A. Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmetika
Jika
terdapat deret aritmetika sebagai berikut
3 + 6 + 9 + 12 + 15 + 18 + ... + Un
deret aritmetika adalah jumlah
suku-suku barisan dari barisan aritmetika.
Sekarang bagaimana
cara menjumlahkan deret aritmetika tersebut? Untuk deret aritmetika yang
memiliki suku-suku deret yang sedikit mungkin masih mudah untuk menghitungnya.
Sebaliknya, jika suku-suku deret tersebut sangat banyak, tentu kamu akan
memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghitungnya. Berikut ini akan
diuraikan cara menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika. Misalkan,
Sn adalah jumlah n suku pertama suatu
deret aritmetika maka
Jadi rumus untuk
menghitung jumlah suku-suku deret aritmetika adalah
Karena
, maka rumus tersebut dapat ditulis sebagai
Suatu deret aritmetika mempunyai sifat sebagai berikut:
Let’s discuss
1. Diketahui deret aritmetika : 3 + 7 + 11 + 15 + 19 + ... + U10. Tentukan:
a. suku kesepuluh (U10) deret tersebut,
b. jumlah sepuluh suku pertama (S10).
Jawab:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Diketahui suatu deret aritmetika dengan suku pertama 10 dan
suku keenam 20.
a. Tentukan beda deret aritmetika tersebut.
b. Tuliskan deret aritmetika tersebut.
c. Tentukan jumlah enam suku pertama deret aritmetika tersebut.
Jawab:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B. Menentukan
jumlah n suku pertama deret geometri
adalah barisan geometri,
jika suku-suku barisan geometri kita jumlahkan maka akan tebentuk deret geometri.
Bagaimana cara menentukan jumlah n suku dari deret geometri?
Kita misalkan jumlah n suku
deret geometri
Jika baris kedua kita kurangkan dengan baris pertama maka akan
diperoleh
Jadi, rumus n suku
pertama deret geometri adalah
Deret geometri mempunyai sifat-sifat sebagai berikut
Let’s discuss
1.
Diketahui suatu
barisan : x + 2, 9, x + 26. Tentukanlah nilai x agar barisan tersebut dapat disusun menjadi sebuah deret
geometri.
Jawab :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Tentukanlah jumlah setiap deret geometri berikut!
a. 2+6+18+54+162+.....+U7
b. 3+15+75+.....+U6
c. 1+4+16+64+....+U7
d. 5+10+20+40+80+...+U8
e.
Jawab :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Nilai
|
Paraf
|
|
|
SOAL KEGIATAN MANDIRI
1.
Di suatu desa, jumlah penduduk pada tanggal 1 Januari 2007
adalah 10.000 jiwa.Jika tingkat pertumbuhan penduduk di desa tersebut 5% per
tahun, tentukan jumlah penduduk di desa tersebut pada tanggal 1 Januari 2011.
2.
Sebuah perusahaan permen memproduksi 2.000 permen pada tahun
pertama. Oleh karena permintaan konsumen setiap tahunnya, perusahaan tersebut
memutuskan untuk meningkatkan produksi permen sebanyak 5% dari produksi awal
setiap tahunnya.
a. Nyatakan jumlah permen yang diproduksi perusahaan tersebut
pada 5 tahun pertama dalam barisan bilangan.
b. Tentukan jumlah permen yang diproduksi pada tahun ke-7 (U7).
c. Tentukan jumlah permen yang telah diproduksi sampai tahun
ke-7 (S7).
INSTRUMEN
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicacpai pada materi pelajaran
menentukan jumlah n suku pertama
deret aritmetika dan deret geometri.
|
|
|
2.
|
Guru
memberikakn motivasi belajar pada siswa.
|
|
|
3.
|
Guru
menyajikan pelajaran pada siswa dengan jalan demonstrasi
|
|
|
4.
|
Guru
menjelaskan tentang menggunakan cara / konsep pada materi ajar
|
|
|
5.
|
Guru membagikan LKS (bahan ajar)
sebagai pedoman
|
|
|
6.
|
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok diskusi
|
|
|
7.
|
Guru mengkontekstualkan materi dengan
kehidupan sehari-hari ataupun lingkungan
|
|
|
8.
|
Guru menyampaikan pelajaran sesuai
materi yang diajarkan
|
|
|
9
|
Metode
pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan
|
|
|
10
|
Media
pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan
|
|
|
11
|
Guru
diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran sendiri
|
|
|
12
|
Guru
memberikan fasilitator / menyediakan sarana untuk memperlancar proses belajar
|
|
|
13
|
Guru
dapat membangun dimensi manusia dengan melakukan pendekatan / membangun
suasana belajar yang inspiratif dan menyenangkan
|
|
|
14
|
Guru
menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dan model bangun untuk
menyampaikan materi
|
|
|
15
|
Guru menjelaskan tentang menggunakan
cara/konsep untuk menyelesaikan materi ajar
|
|
|
16
|
Guru membantu setiap kelompok agar
melakukan transisi secara efisien
|
|
|
17
|
Guru menyajikan / mengevaluasi materi
ajar kepada siswa dengan cara tanya jawab
|
|
|
18
|
Guru memberikan umpan balik hasil
diskusi kelompok belajar siswa
|
|
|
19
|
Perilaku warga kelas (siswa &
guru) sesuai tata tertib / etika yang berlaku
|
|
|
20
|
Guru selalu memberikan kesempatan pada
siswa (kelompok belajar) untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
|
|
|
21
|
Guru membagikan bahan ajar sebagai
pedoman belajar
|
|
|
22
|
Guru menggunakan pola bahasa yang
mudah di mengerti
|
|
|
23
|
Keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar
|
|
|
24
|
Guru melakukan tanya jawab tentang hal
yang belum di pahami siswa
|
|
|
25
|
Guru memberikan umpan
balik yang menantang
(mendorong siswa
untuk berpikir lebih lanjut) sesuai kebutuhan siswa
|
|
|
26
|
Guru menjelaskan kepada siswa
bagaimana caranya membentuk kelompok belajar
|
|
|
27
|
Guru membantu setiap kelompok agar
melakukan transisi secara efisien
|
|
|
28
|
Guru selalu memberikan kesempatan pada
siswa untuk tampil di depan kelas untuk menyajikan hasil diskusi kelompok
mereka
|
|
|
29
|
Guru memberikan kesempatan kepada
salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
belajar mereka
|
|
|