RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah             : SMP
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas /Progaram          : IX
Semester                      :
Genap
Standar Kompetensi   :
6.      Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar       : 
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator                     :
6.3.1.  Mengenal pengertian deret aritmetika dan
deret geometri naik atau turun
6.3.2.  Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri 
Alokasi
Waktu            : 4 x 40 menit
A.    Tujuan
Pembelajaran
1.      Siswa
mampu memahami pengertian deret aritmetika dan deret geometri.
2.      Siswa
mampu memahami deret geometri naik dan turun.
3.      Siswa
dapat menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.
4.      Siswa
daapt menentukan rumus jumlah n suku pertama deret geometri.
·        
Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa ingin tahu,
kreatif, kerja keras, demokratis, disiplin, menghargai.
B.      
Materi Ajar
1.     
Deret Aritmetika
Deret Aritmetika
Bentuk umum deret aritmetika adalah:
a+( a + b)+( a + 2b)+(
a + 3b)+ . . .+{ a+(n–1)b} 
Suku ke-n
barisan aritmetika (Un) dirumuskan sebagai:
Un = a + (n –1)b
Rumus jumlah n suku
pertama deret aritmetika:
Rums suku tengah (Ut)
:
Rumus jumlah n suku
pertama sesudah sisipan (Sn'):
Ø Sifat deret aritmetika:
            
 
 ................................. (sifat 1)
 
 ........................... (sifat 2)
 
 .................................(sifat 3)
 
 ............................................(sifat
4)
2.     
Deret
Geometri
Deret Geometri
Bentuk umum deret geometri adalah:
Pada deret geometri U1 + U2 + U3 + U4
+ . . . + Un,
jika Un+1 > Un
maka deretnya disebut deret geometri naik, dan jika Un+1 < Un ,
maka deretnya disebut deret geometri turun.
Rumus suku ke-n, 
 
Jumlah n suku
pertama (Sn)
Rumus suku tengah (Ut)
Jumlah n suku
pertama sesudah sisipan (Sn')
Sifat deret geometri
 
 ......................... (sifat 1)
 
 ...................... (sifat 2)
 
 .................... (sifat 3)
C.    
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan     :  Student Center
Aproachment
Model               :
Cooperative Learning tipe STAD (Student
Teams-Achievement     Division)
Metode             :
Expository, ceramah, diskusi, tanya jawab, kuis
D.    Langkah Kegiatan:
Ø Pertemuan pertama 
| 
Guru | 
Siswa | 
Alokasi
  waktu | 
| 
Pendahuluan  
1.       
  Guru mengingatkan
  kembali tentang beberapa bentuk barisan bilangan. 
2.       
  Guru memberikan
  motivasi siswa dengan mengarahkan bahwa dalam kegidupan sehari-hari banyak
  hal yang menggunakan deret aritmetika dan deret geometri. 
Kegiatan inti 
Eksplorasi
   
1.     
  Guru meminta siswa
  berkelompok, masing-masing anggota 4-5 orang dan heterogen. 
2.    
  Guru menjelaskan
  materi tentang pengertian deret aritmetika dan geometri. 
Elaborasi 
1.     
  Guru memberikan tugas
  pada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan mengenai pengertian deret aritmetika
  dan deret geometri. 
2.     
  Setelah masing-masing
  kelompok berdiskusi, guru mengadakan kuis untuk dikerjakan masing-masing
  siswa dan siswa tidak diperbolehkan untuk saling membantu. 
Konfirmasi 
1.     
  Guru meminta siswa
  mengerjakan soal kuis di depan kelas. 
2.     
  Guru memberikan
  penjelasan jawaban dari soal kuis dan memberikan skor pada masing-masing
  kelompok. 
3.     
  Guru memberikan
  penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi. 
Penutup 
1.      Guru
  melakukan refleksi materi pembelajaran hari ini dengan melibatkan siswa. 
2.     
  Guru memberikan tindak lanjut
  yaitu arahan untuk mempelajari materi yang telah diajarkan karena akan
  diadakan ulangan pada pertemuan selanjutnya. | 
1.         
  Siswa menyimak
  penjelasan tentang bentuk bilangan. 
2.     
  Siswa menyimak
  motivasi dari guru. 
1.     
  Siswa mengikuti
  instruksi guru untuk membentuk kelompok. 
2.     
  Siswa menyimak
  penjelasan guru tentang pengertian deret aritmetika dan geometri. 
1.     
  Siswa bersama kelopok
  masing-masing berdiskusi mengenai pengertian deret aritmetika dan deret geometri. 
2.     
  Siswa mengerjakan
  soal kuis secara mandiri. 
1.     
  Siswa mengerjakan
  soal kuis di depan kelas. 
2.     
  Siswa menyimak
  penjelasan dari guru, dan menerima skor dari guru. 
3.     
  Siswa menerima
  penghargaan dari guru. 
1.     
  Siswa bersama guru
  melakukan refleksi materi pembelajaran. 
2.     
  Sisiwa menyimak
  arahan yang diberikan guru untuk mempelajarai materi. | 
10 menit 
60 menit 
10 menit | 
Ø  Pertemuan kedua
| 
Guru | 
Siswa | 
Alokasi
  waktu | 
| 
Pendahuluan  
1.     
  Guru mengingatkan
  kembali tentang pengertian deret aritmetika dan deret geometri. 
2.     
  Guru memberikan
  motivasi siswa dengan mengarahkan bahwa dalam kegidupan sehari-hari banyak
  hal yang menggunakan deret aritmetika dan deret geometri. 
Kegiatan inti 
Eksplorasi
   
3.     
  Guru meminta siswa
  berkelompok, masing-masing anggota 4-5 orang dan heterogen. 
4.     
  Guru menjelaskan
  materi tentang menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
  deret geometri  
Elaborasi 
3.     
  Guru memberikan tugas
  pada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan mengenai deret aritmetika dan
  deret geometri. 
4.     
  Setelah masing-masing
  kelompok berdiskusi, guru mengadakan kuis untuk dikerjakan masing-masing
  siswa dan siswa tidak diperbolehkan untuk saling membantu. 
Konfirmasi 
4.     
  Guru meminta siswa
  mengerjakan soal kuis di depan kelas. 
5.     
  Guru memberikan
  penjelasan jawaban dari soal kuis dan memberikan skor pada masing-masing
  kelompok. 
6.     
  Guru memberikan
  penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi. 
Penutup 
3.      Guru
  melakukan refleksi materi pembelajaran hari ini dengan melibatkan siswa. 
4.     
  Guru memberikan tindak lanjut
  yaitu arahan untuk mempelajari materi yang telah diajarkan karena akan
  diadakan ulangan pada pertemuan selanjutnya. | 
1.     
  Siswa menyimak
  penjelasan tentang pengertian deret aritmetika dan deret geometri. 
2.     
  Siswa menyimak
  motivasi dari guru. 
3.     
  Siswa mengikuti
  instruksi guru untuk membentuk kelompok. 
4.     
  Siswa menyimak
  penjelasan guru tentang menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
  deret geometri  
3.     
  Siswa bersama kelopok
  masing-masing berdiskusi mengenai deret aritmetika dan deret geometri. 
4.     
  Siswa mengerjakan
  soal kuis secara mandiri. 
4.     
  Siswa mengerjakan
  soal kuis di depan kelas. 
5.     
  Siswa menyimak
  penjelasan dari guru, dan menerima skor dari guru. 
6.     
  Siswa menerima
  penghargaan dari guru. 
3.     
  Siswa bersama guru melakukan
  refleksi materi pembelajaran. 
4.     
  Sisiwa menyimak
  arahan yang diberikan guru untuk mempelajarai materi. | 
10 menit 
60 menit 
10 menit | 
E.    
Alat dan sumber:
Alat :
-         
Laptop
-         
LCD
-         
Projector
Sumber :
-         
Nuniek Avianti Agus, BSE
Mudah Belajar Matematika untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Aliyah.
F.     
Penilaian
Teknik                         :
tugas individu, tugas kelompok, kuis.
Bentuk instrumen        : uraian obyektif
Instrumen                    :
| 
Instrumen | 
Jawaban | 
Skor | 
| 
1.   
  Diketahui sutau
  deret aritmetika dengan suku pertama 10 suku ke enam 20, dengan bedanya 2.
  Tentukan jumlah enam suku pertama. 
2.     
  Suatu deret geometri memiliki suku ketujuh 64 dan suku
  kesepuluh 512, dengan rasionya 2. Tentukan a dan jumlah 8 suku pertamanya. | 
Diketahui
  : 
U1 = a = 10 
U6 = 20 
b=2 
ditanya: 
Jumlah enam suku
  pertama? 
Jawab : 
   
  ) ............. 
 
   
   ........... 
   
   ................... 
   
   ....................... 
Diketahui:  
U7 = 64 dan U10 = 512. b=2 
Didtanyakan : 
a dan jumlah 8 suku
  pertama 
jawab: 
   
   maka 
   
   | 
5 
5 
................. 10 
..................10 
................. 10 
..................10 
Total           50 
10 
20 
20 
Total 50 | 
G.    Pedoman
Penskoran
Pedoman penskoraan : masing-masing soal jika dijawab
benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap
skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :
Nilai
Akhir = 
 
 100
No 1 skor
50
No 2 skor
50
H.    Pedoman Penilaian
Nilai Akhir = 
 
 100
     Mengetahui,                                                                      ..................,.......................
     Kepala SMA                                                                     
Guru Mata Pelajaran 
`..............................................                                                ......................................................
     NIP.                                                                                  
NIP.
Lampiran 
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PERTEMUAN
PERTAMA
Standar Kompetensi   :
6.      Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar       : 
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator                     :
6.3.1.  Mengenal pengertian deret aritmetika dan
deret geometri naik atau turun
A.    Deret
aritmetika
Coba
kamu perhatikan barisan aritmetika berikut.
3,
6, 9, 12, 15, 18, ... , Un
Jika
kamu jumlahkan barisan tersebut, terbentuklah deret aritmetika sebagai berikut.
3
+ 6 + 9 + 12 + 15 + 18 + ... + Un
Jadi,
deret aritmetika adalah jumlah suku-suku barisan dari barisan aritmetika.
Bila suku-suku pada
barisan aritmetika naik dijumlahkan maka akan terbentuk deret aritmetika
naik, begitu pula bila sukusuku pada barisan aritmetika turun
dijumlahkan maka akan terbentuk deret aritmetika turun.
Let’s discuss
1.      Suatu barisan aritmetika
memiliki suku pertama 5 dan beda 3. Tuliskan deret aritmetika dari barisan
tersebut.
·        
Barisan aritmetikanya adalah ....
·        
Deret aritmetikanya adalah .....
2.     
Manakah
yang merupakan deret aritmetika? Deret naik atau turun?
a.      
3
+ 6 + 9 + ...
b.      3 + 2 + 4 + 2 + ...
c.       1 + 5 + 9 + 13 + ...
3.     
Apakah 2 + 5 + 8 + 11 + 14
+ 17 + . . . deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.     
Apakah 2 + 6 + 10 + 14 +
18 + . . . deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.     
Apakah 5+ 9+ 13+ 17+22+...
deret aritmetika? Deret naik atau turun?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.     Deret Geometri
Sama seperti deret aritmetika, deret geometri pun merupakan
jumlah suku-suku
dari suatu barisan geometri. Coba kamu perhatikan barisan
geometri berikut ini.
1, 3, 9, 27, 81, 243, 729, ..., Un
Jika kamu menjumlahkan suku-suku barisan geometri tersebut,
diperoleh
1+ 3 + 9 + 27 + 81 + 243 + 729 + ... +Un
Jadi, deret geometri
adalah jumlahan suku-suku barisan dari barisan geometri.
Bentuk
umum deret geometri adalah:
Pada deret geometri U1 + U2 + U3 + U4
+ . . . + Un,
jika Un+1 > Un
maka deretnya disebut deret geometri naik, dan jika Un+1 < Un ,
maka deretnya disebut deret geometri turun.
Let’s discuss
| 
Nilai  | 
Paraf  | 
|  |  | 
Apakah
a.        2 + 6 + 18 + 54 + 162 + .
. .
b.        
2+(-6)+18+(-54)+162+.....
c.        
-3+6+(-12)+....
d.       
4+6+9+
 
e.        
100+47+97+....
Merupakan deret geometri? Jika merupakan deret geometri, deret
naik atau deret turun?
Jawab :
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
SOAL KEGIATAN MANDIRI
1.     
Bagaimanakah nilai dari
deret aritmetika naik? Jelaskan!
2.     
Bagaimanakah nilai dari
deret aritmetika turun? Jelaskan!
3.     
Bagaimanakah nilai dari
deret geometri naik? Jelaskan!
4.     
Bagaimanakah nilai dari
deret geometri turun? Jelaskan!
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PERTEMUAN
KEDUA
Standar Kompetensi   :
6.      Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar       : 
6.3. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri.
Indikator                     :
6.3.2.      Menentukan
rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika
dan deret geometri 
A.      Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmetika
Jika
terdapat deret aritmetika sebagai berikut
3 + 6 + 9 + 12 + 15 + 18 + ... + Un
deret aritmetika adalah jumlah
suku-suku barisan dari barisan aritmetika.
Sekarang bagaimana
cara menjumlahkan deret aritmetika tersebut? Untuk deret aritmetika yang
memiliki suku-suku deret yang sedikit mungkin masih mudah untuk menghitungnya.
Sebaliknya, jika suku-suku deret tersebut sangat banyak, tentu kamu akan
memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghitungnya. Berikut ini akan
diuraikan cara menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika. Misalkan,
Sn  adalah jumlah n suku pertama suatu
deret aritmetika maka
Jadi rumus untuk
menghitung jumlah suku-suku deret aritmetika adalah 
Karena 
 
, maka rumus tersebut dapat ditulis sebagai
Suatu deret aritmetika mempunyai sifat sebagai berikut:
Let’s discuss
1. Diketahui deret aritmetika : 3 + 7 + 11 + 15 + 19 + ... + U10. Tentukan:
a. suku kesepuluh (U10) deret tersebut,
b. jumlah sepuluh suku pertama (S10).
Jawab:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Diketahui suatu deret aritmetika dengan suku pertama 10 dan
suku keenam 20.
a. Tentukan beda deret aritmetika tersebut.
b. Tuliskan deret aritmetika tersebut.
c. Tentukan jumlah enam suku pertama deret aritmetika tersebut.
Jawab:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.       Menentukan
jumlah n suku pertama deret geometri
 
 adalah barisan geometri,
jika suku-suku barisan geometri kita jumlahkan maka akan tebentuk deret geometri.
Bagaimana cara menentukan jumlah n suku dari deret geometri?
Kita misalkan jumlah n suku
deret geometri 
 
Jika baris kedua kita kurangkan dengan baris pertama maka akan
diperoleh
Jadi, rumus n suku
pertama deret geometri adalah
Deret geometri mempunyai sifat-sifat sebagai berikut
Let’s discuss
1.     
Diketahui suatu
barisan : x + 2, 9, x + 26. Tentukanlah nilai x agar barisan tersebut dapat disusun menjadi sebuah deret
geometri.
Jawab :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.     
Tentukanlah jumlah setiap deret geometri berikut!
a.       2+6+18+54+162+.....+U7
b.      3+15+75+.....+U6
c.       1+4+16+64+....+U7
d.      5+10+20+40+80+...+U8
e.       
 
Jawab :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
| 
Nilai | 
Paraf | 
|  |  | 
SOAL KEGIATAN MANDIRI
1.     
Di suatu desa, jumlah penduduk pada tanggal 1 Januari 2007
adalah 10.000 jiwa.Jika tingkat pertumbuhan penduduk di desa tersebut 5% per
tahun, tentukan jumlah penduduk di desa tersebut pada tanggal 1 Januari 2011.
2.     
Sebuah perusahaan permen memproduksi 2.000 permen pada tahun
pertama. Oleh karena permintaan konsumen setiap tahunnya, perusahaan tersebut
memutuskan untuk meningkatkan produksi permen sebanyak 5% dari produksi awal
setiap tahunnya. 
a. Nyatakan jumlah permen yang diproduksi perusahaan tersebut
pada 5 tahun pertama dalam barisan bilangan.
b. Tentukan jumlah permen yang diproduksi pada tahun ke-7 (U7).
c. Tentukan jumlah permen yang telah diproduksi sampai tahun
ke-7 (S7).
INSTRUMEN
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
| 
NO | 
PERNYATAAN | 
YA
   | 
TIDAK | 
| 
1. | 
Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicacpai pada materi pelajaran
  menentukan jumlah n suku pertama
  deret aritmetika dan deret geometri. |  |  | 
| 
2.
   | 
Guru
  memberikakn motivasi belajar pada siswa. |  |  | 
| 
3. | 
Guru
  menyajikan pelajaran pada siswa dengan jalan demonstrasi |  |  | 
| 
4. | 
Guru
  menjelaskan tentang menggunakan cara / konsep pada materi ajar |  |  | 
| 
5. | 
Guru membagikan LKS (bahan ajar)
  sebagai pedoman |  |  | 
| 
6. | 
Guru membagi siswa menjadi beberapa
  kelompok diskusi |  |  | 
| 
7. | 
Guru mengkontekstualkan materi dengan
  kehidupan sehari-hari ataupun lingkungan |  |  | 
| 
8. | 
Guru menyampaikan pelajaran sesuai
  materi yang diajarkan |  |  | 
| 
9 | 
Metode
  pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan  |  |  | 
| 
10 | 
Media
  pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan |  |  | 
| 
11 | 
Guru
  diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran sendiri |  |  | 
| 
12 | 
Guru
  memberikan fasilitator / menyediakan sarana untuk memperlancar proses belajar |  |  | 
| 
13 | 
Guru
  dapat membangun dimensi manusia dengan melakukan pendekatan / membangun
  suasana belajar yang inspiratif dan menyenangkan |  |  | 
| 
14 | 
Guru
  menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dan model bangun untuk
  menyampaikan materi |  |  | 
| 
15 | 
Guru menjelaskan tentang menggunakan
  cara/konsep untuk menyelesaikan materi ajar |  |  | 
| 
16 | 
Guru membantu setiap kelompok agar
  melakukan transisi secara efisien |  |  | 
| 
17 | 
Guru menyajikan / mengevaluasi materi
  ajar kepada siswa dengan cara tanya jawab |  |  | 
| 
18 | 
Guru memberikan umpan balik hasil
  diskusi kelompok belajar siswa |  |  | 
| 
19 | 
Perilaku warga kelas (siswa &
  guru) sesuai tata tertib / etika yang berlaku |  |  | 
| 
20 | 
Guru selalu memberikan kesempatan pada
  siswa (kelompok belajar) untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya |  |  | 
| 
21 | 
Guru membagikan bahan ajar sebagai
  pedoman belajar |  |  | 
| 
22 | 
Guru menggunakan pola bahasa yang
  mudah di mengerti |  |  | 
| 
23 | 
Keaktifan siswa dalam proses belajar
  mengajar |  |  | 
| 
24 | 
Guru melakukan tanya jawab tentang hal
  yang belum di pahami siswa |  |  | 
| 
25 | 
Guru memberikan umpan
  balik yang menantang  
(mendorong siswa
  untuk berpikir lebih lanjut) sesuai kebutuhan siswa |  |  | 
| 
26 | 
Guru menjelaskan kepada siswa
  bagaimana caranya membentuk kelompok belajar |  |  | 
| 
27 | 
Guru membantu setiap kelompok agar
  melakukan transisi secara efisien |  |  | 
| 
28 | 
Guru selalu memberikan kesempatan pada
  siswa untuk tampil di depan kelas untuk menyajikan hasil diskusi kelompok
  mereka |  |  | 
| 
29 | 
Guru memberikan kesempatan kepada
  salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
  belajar mereka |  |  | 
