RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/Progaram : VIII
Semester : Gasal/I
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami bentuk
aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar :
1.6.
Menentukan
gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·
Menentukan
persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan
gradien tertentu.
Jumlah
Pertemuan : 1 pertemuan (2 x 40
menit)
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Peserta
didik dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua
titik.
·
Peserta didik dapat menentukan persamaan
garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu.
B.
Materi Ajar
·
Persamaan garis lurus yang melalui satu
titik dengan gradien tertentu
Jika
diketahui garis lurus
, yang melalui titik
dengan gradien
. Maka persamaan yang digunakan adalah
|
·
Persamaan garis lurus yang melalui dua
titik
Dari
persamaan garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu
dan rumus gradien
, didapatkan persamaan
|
·
Persamaan garis yang sejajar garis
dan melalui titik
|
·
Persamaan garis yang tegak lurus garis
dan melalui titik
|
C. Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan : Student Center
Model : Pembelajaran Koopertif tipe Grup
Investigasi (GI)
Metode : Diskusi, ceramah, tanya jawab, kelompok,
presentasi, penugasan.
Alokasi waktu : 80 menit
D.
Langkah kegiatan
Sintaks
|
Guru
|
Siswa
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
|
1.
Mengingatkan kembali materi yang berkaitan dengan menentukan
persamaan garis lurus yaitu pengertian gradien dan menentukan gradien.
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi
kepada siswa bahwa materi persamaan garis lurus dapat digunakan dalm
kehidupan diantaranya di bidang ekonomi untuk menentukan/mengitung keuntungan
usaha, di bidang penerbangan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mendarat,
menentukan ketinggian pesawat, dll.
|
1. Siswa mengingat kembali dan
menyimak penjelasan dari guru.
2.
Menyimak tujuan pembelejaran dan motivasi yang
disampikan oleh guru.
|
Pendahuluan
· Apersepsi:
|
5 menit
|
Grouping
Planning
Investigation
Organizing
Presenting
Evaluating
|
·
Membagi siswa menjadi
beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 siswa heterogen agar siswa dapat
mengembangkan kemampuan yang dimiliki.
·
Memberikan LKS untuk
dipelajari terlebih dahulu oleh siswa sebagai stimulus.
·
Menjelaskan tugas
dari masing-masing kelompok agar setiap anggota kelompok dapat bekerja dangan
baik.
·
Memberi tugas yang
berbeda pada setiap kelompok agar masing-masing kelompok bekerja sendiri,
agar pengetahuan siswa bertambah.
·
Meminta siswa
membaca/mencari informasi dari berbagai sumber sesuai LKS yang diberikan
untuk menambah informasi mengenai materi yang akan dipelajri.
·
Meminta masing-masing
kelompok mengerjakan LKS dengan berdiskusi agar mendapatkan ide dan iformasi
dari masing-masing anggota kelompok.
·
Meminta siswa
menyiapkan hasil diskusi untuk dipresentasikan.
·
Mempersilahkan
perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
·
Memberikan penjelasan
atau melengkapi jawaban dari masing-masing kelompok.
·
Mengajak seluruh
siswa menyimpulkan/ menyempurnakan materi yang telah didiskusikan.
|
·
Siswa berkelompk
sesuai instruksi guru.
·
Mempelajari LKS agar
siswa mendapatkan rangsangan.
·
Menerima tugas dan
menyimak penjelasan dari guru.
·
Masing-masing
kelompok menerima tugas.
·
Siswa membaca/mencari materi yang sesuai dengan LKS
untuk menambah informasi dan pengetahuan.
·
Masing-masing kelompok mengerjakan LKS dengan
berdiskusi.
·
Siswa menyiapkan hasil diskusi.
·
Perwakilan kelompok menyampaikanhasil diskusi.
·
Memerhatikan penjelasan yang diberikan guru.
·
Menyimpulkan /menyempurnakan materi yang telah didiskusikan.
|
Inti
Eksplorasi
Eksplorasi
Elaborasi,
eksplorasi
Eksplorasi
Eksplorasi
Eksplorasi,
Elaborasi
Elaborasi
Elaborasi, konfirmasi
Konfirmasi
Konfirmasi
|
70 menit
|
|
·
Mengajak menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Memberikan tugas.
|
·
Menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Menerima tugas.
|
Penutup
|
5
menit
|
E.
Alat
dan sumber
·
Alat :
Lembar Kegiatan Siswa ( LKS )
·
Sumber :
1.
Endah Budi Rahaju dan R. Sulaiman. 2008. Contextual
Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.
Dewi Nurhaini, Tri Wahyuni. 2008.
Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.
Sukino dan Wilson Simangungsong.
2007. Matematika untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
F. Teknik penilaian
Teknik : Tugas individu.
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen : Terlampir
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Instrumen
|
Skor
|
1.6.
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
|
·
Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu
titik dengan gradien tertentu.
|
1.
Tentukan persamaan garis yang melalui titik P(3,5)
dan memiliki gradien -2!
Jawaban:
2.
Tentukan persamaan garis yang melalui titik A(3,3)
dan B(2,1)!
Jawaban:
3.
Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik
K(-2,-4) dan sejajar garis
Jawaban :
4.
Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik
L(5,1) dan tegak klurus garis
Jawaban:
|
Total 10
Total 10
Total 10
Total 10
|
G.
Pedoman Penilaian
Nilai Akhir =
Mengetahui, Yogyakarta,
September 2013
Kepala Sekolah Mahasiswa
Praktikan
Yuni Tri Ratnadewi
NPM. 10144100165