Sabtu, 21 September 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                         : SMP
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas /Progaram                      : VIII
Semester                                  : Gasal/I
Standar Kompetensi               :
1.        Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar                   :
1.6.  Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
Indikator Pencapaian Kompetensi:    
·           Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu.
Jumlah Pertemuan       : 1 pertemuan (2 x 40 menit)
A.      Tujuan Pembelajaran
·         Peserta didik dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik.
·         Peserta didik dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu.
B.       Materi Ajar
·         Persamaan garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu
Jika diketahui garis lurus , yang melalui titik  dengan gradien . Maka persamaan yang digunakan adalah
 



·         Persamaan garis lurus yang melalui dua titik
Dari persamaan garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu    dan rumus gradien , didapatkan persamaan
 



·         Persamaan garis yang sejajar garis  dan melalui titik
 



·         Persamaan garis yang tegak lurus garis  dan melalui titik
 




C.       Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan          : Student Center
Model                  : Pembelajaran Koopertif tipe Grup Investigasi (GI)
Metode                : Diskusi, ceramah, tanya jawab, kelompok, presentasi, penugasan.
Alokasi waktu     : 80 menit
D.    Langkah kegiatan
Sintaks
Guru
Siswa
Kegiatan
Alokasiwaktu


1.      Mengingatkan kembali materi yang berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus yaitu pengertian gradien dan menentukan gradien.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa bahwa materi persamaan garis lurus dapat digunakan dalm kehidupan diantaranya di bidang ekonomi untuk menentukan/mengitung keuntungan usaha, di bidang penerbangan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mendarat, menentukan ketinggian pesawat, dll.

1.      Siswa mengingat kembali dan menyimak penjelasan dari guru.


2.      Menyimak tujuan pembelejaran dan motivasi yang disampikan oleh guru.

Pendahuluan
·      Apersepsi:

5 menit

Grouping






Planning








Investigation





















Organizing


Presenting








Evaluating  

·         Membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 siswa heterogen agar siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki.
·         Memberikan LKS untuk dipelajari terlebih dahulu oleh siswa sebagai stimulus.
·         Menjelaskan tugas dari masing-masing kelompok agar setiap anggota kelompok dapat bekerja dangan baik.
·         Memberi tugas yang berbeda pada setiap kelompok agar masing-masing kelompok bekerja sendiri, agar pengetahuan siswa bertambah.

·         Meminta siswa membaca/mencari informasi dari berbagai sumber sesuai LKS yang diberikan untuk menambah informasi mengenai materi yang akan dipelajri.
·         Meminta masing-masing kelompok mengerjakan LKS dengan berdiskusi agar mendapatkan ide dan iformasi dari masing-masing anggota kelompok.
·         Meminta siswa menyiapkan hasil diskusi untuk dipresentasikan.
·         Mempersilahkan perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi. 
·         Memberikan penjelasan atau melengkapi jawaban dari masing-masing kelompok.
·         Mengajak seluruh siswa menyimpulkan/ menyempurnakan materi yang telah didiskusikan.

·         Siswa berkelompk sesuai instruksi guru.




·         Mempelajari LKS agar siswa mendapatkan rangsangan.
·         Menerima tugas dan menyimak penjelasan dari guru.

·         Masing-masing kelompok menerima tugas.




·         Siswa membaca/mencari materi yang sesuai dengan LKS untuk menambah informasi dan pengetahuan.

·         Masing-masing kelompok mengerjakan LKS dengan berdiskusi.



·         Siswa menyiapkan hasil diskusi.

·         Perwakilan kelompok menyampaikanhasil diskusi.

·         Memerhatikan penjelasan yang diberikan guru.


·         Menyimpulkan /menyempurnakan materi yang telah didiskusikan.
Inti
Eksplorasi






Eksplorasi




Elaborasi,
eksplorasi



 Eksplorasi





Eksplorasi







Eksplorasi,
Elaborasi





Elaborasi


Elaborasi, konfirmasi



Konfirmasi




Konfirmasi
70 menit









·         Mengajak menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·         Memberikan tugas.
·         Menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·         Menerima tugas.
Penutup
5    menit

E.     Alat dan sumber
·      Alat :
Lembar Kegiatan Siswa ( LKS )
·      Sumber :
1.      Endah Budi Rahaju dan R. Sulaiman. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.         Dewi Nurhaini, Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.         Sukino dan Wilson Simangungsong. 2007. Matematika untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
F.     Teknik penilaian
Teknik                  : Tugas individu.
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen             : Terlampir
Kompetensi Dasar
Indikator
Instrumen
Skor
1.6.     Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.

·           Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu.
1.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik P(3,5) dan memiliki gradien -2!
Jawaban:
 
 
 
 
 atau
2.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik A(3,3) dan B(2,1)!
Jawaban:
 
 
 
 
 
 
3.    Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik K(-2,-4) dan sejajar garis !
Jawaban :
 
 
 
 
 
 
 
 
4.      Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik L(5,1) dan tegak klurus garis !
Jawaban:
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 




Total 10





Total 10









Total 10











Total 10
G.    Pedoman Penilaian
Nilai Akhir =




     Mengetahui,                                                                      Yogyakarta,  September  2013
Kepala Sekolah                                                                 Mahasiswa Praktikan


                                                                                            Yuni Tri Ratnadewi
                                                                                                NPM. 10144100165