Rabu, 13 November 2013

RPP SPLV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                         : SMP Negeri 2 Kasihan
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas /Progaram                      : VIII A
Semester                                  : Gasal/I
Jumlah Pertemuan                   : 1 pertemuan (2 x 40 menit)
A.      Standar Kompetensi      :
2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
B.       Kompetensi Dasar          :
2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:     
·      Menentukan penyelesaian PLSV.
·      Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
D.      Tujuan Pembelajaran
·      Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari PLSV dan penyelesaian PLSV dengan dalam bentuk pecahan.
E.       Materi Ajar
·           Menentukan penyelesaian PLSV
Sebuah kelompok sirkus memiliki enam ekor harimau, tiga jantan dan tiga betina. Jika setiap hari pemiliknya memberikan 45kg daging untuk makanan harimauharimau tersebut dan setiap harimau mendapatkan bagian yang sama, berapakah berat daging yang dimakan oleh setiap harimau dalam sehari?
Penyelesaian:
Persamaan yang diperoleh dari permasalahan tersebut adalah 6m = 45.
Jika m diganti dengan 5, maka kalimat itu menjadi 6 x 5 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan 6, maka kalimat itu menjadi 6 x 6 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan 7, maka kalimat itu menjadi 6 x 7 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan , maka kalimat itu menjadi 6 x  = 45 dan bernilai benar.
Pengganti m supaya 6m = 45 menjadi benar hanyalah .
Pengganti variabel supaya persamaan menjadi benar disebut penyelesaian dari persmaan itu.
·      Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
Ali dan Udin bersepeda dari alun-alun ke rumahnya. Ali bersepeda dengan kecepatan 12km/jam sedangkan Udin 8km/jam. Ali tiba di rumahnya 15 menit sebelum Udin tiba. Berapa lama Ali bersepeda dari alun-alun ke rumahnya?
Penyelesaian:
Misalkan lama Ali bersepeda adalah t jam. Maka lamanya Udin bersepeda adalah .
Jarak yang ditempuh Ali sama dengan jarak yang ditempuh Udin.
Jadi
 
 
 
 
F.       Alokasi waktu     : 80 menit
G.       Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan          : Contextual Teaching adn Learning (CTL)
Model                  : Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
Metode                : Diskusi, ceramah, tanya jawab, kelompok, presentasi, penugasan.





H.    Langkah kegiatan
Sintaks
Guru
Siswa
Kegiatan
Alokasiwaktu


1.      Mengingatkan kembali materi yang berkaitan dengan meyelesaikan PLSV yaitu menentukan bentuk setara dari PLSV.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa.

1.      Siswa mengingat kembali dan menyimak penjelasan dari guru.

2.      Menyimak tujuan pembelejaran dan motivasi yang disampikan oleh guru.

Pendahuluan
·      Apersepsi:

5 menit

Think (berpikir)











Pairing (berpasangan)


Share (berbagi)
·         Guru memberikan permasalahan dalam bentuk LKS untuk diselesaikan olehs iswa.
·         Siswa diberi waktu untuk membaca dan mengamati permasalahan tersebut agar siswa mengembangkan pemikiran sehingga memiliki gambaran bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk mencari teman sebagai pasangan dalam kelompok.
·         Guru meminta pasangan-pasangan siswa saling berbagi dan bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
·         Guru memberikan bimbingan dan membantu kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing kelompok.
·         Setelah menyelesaikan permasalahan, beberapa kelompok siswa diminta menyampaikan hasil diskusi di depan kelas untuk didiskusikan bersama dengan guru dan kelompok lain, serta guru memberikan penguatan dan apresiasi dari hasil diskusi siswa.
·         Siswa menerima permasalahan dalam bentuk LKS untuk diselesaikan.
·         Membaca dan mengamati permasalahan yang diberikan sehingga memiliki gambaran bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut.

·         Mencari teman untuk berkelompok.


·         Masing-masing pasangan bekerja sama menyelesaikan permasalahan.


·         Siswa dibimbing dan diberibantuan oleh guru.


·         Beberapa kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi serta diberi tanggapan oleh kelompok lain dan guru.
Inti
Eksplorasi




Eksplorasi







Elaborasi



Elaborasi





Elaborasi, konfirmasi



Konfirmasi
70 menit









1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan yang telah dipelajari.
2.      Memberikan tugas kepada siswa.
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari.
2.      Menerima tugas untuk diselesaikan
Penutup
5    menit

I.       Teknik penilaian
Teknik                  : Tugas individu.
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen             : Terlampir

Kompetensi Dasar
Indikator
Instrumen
Skor
2.3.  Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
·           Menentukan penyelesaian PLSV
·           Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan
1.      Sebuah pabrik roti menggaji seluruh karyawannya Rp100.000,00 tiap hari. Biaya bahan baku untuk tiap rotiadalah Rp600,00. Harga tiap roti Rp1.100,00. Berapakah banyak roti yang harus terjual tiap hari agar pendapatan sama dengan
pengeluaran?
2.      Sebuah mobil dan sepeda motor berangkat bersamaan dan menempuh jarak yang sama. Kecepatan mobil 60 km/jam sedangkan sepeda motor 45 km/jam. Jika sepeda motor tiba di tempat tujuan 2 jam setelah mobil tiba, berapakah waktu yang diperlukan mobil dan berapa waktu yang diperlukan sepeda motor?




Total 20





Total 20







J.      Pedoman Penilaian
Nilai Akhir =

K.    Alat dan sumber
·      Alat :
Lembar Kegiatan Siswa ( LKS )

·      Sumber :




     Mengetahui,                                                                       Yogyakarta, 24 September  2013
Kepala Sekolah                                                                       Mahasiswa Praktikan