RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Kasihan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Progaram : VIII A
Semester : Gasal/I
Jumlah
Pertemuan : 1 pertemuan
(2 x 40 menit)
A.
Standar Kompetensi :
2.
Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
B.
Kompetensi Dasar :
2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·
Menentukan
penyelesaian PLSV.
·
Menentukan
penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
D. Tujuan
Pembelajaran
· Peserta didik dapat menentukan
penyelesaian dari PLSV dan penyelesaian PLSV dengan dalam bentuk pecahan.
E.
Materi Ajar
·
Menentukan
penyelesaian PLSV
Sebuah kelompok sirkus
memiliki enam ekor harimau, tiga jantan dan tiga betina. Jika setiap hari pemiliknya memberikan 45kg daging untuk makanan
harimauharimau tersebut dan setiap harimau mendapatkan bagian yang sama, berapakah
berat daging yang dimakan oleh setiap harimau dalam sehari?
Penyelesaian:
Persamaan
yang diperoleh dari permasalahan tersebut adalah 6m = 45.
Jika m diganti dengan 5, maka kalimat itu
menjadi 6 x 5 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan 6, maka kalimat itu
menjadi 6 x 6 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan 7, maka kalimat itu
menjadi 6 x 7 = 45 dan bernilai salah.
Jika m diganti dengan , maka
kalimat itu menjadi 6 x = 45 dan bernilai benar.
Pengganti m supaya 6m = 45 menjadi benar hanyalah .
Pengganti variabel supaya persamaan menjadi benar
disebut penyelesaian dari persmaan itu.
·
Menentukan
penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
Ali dan Udin bersepeda dari
alun-alun ke rumahnya. Ali bersepeda dengan kecepatan 12km/jam sedangkan Udin
8km/jam. Ali tiba di rumahnya 15 menit sebelum Udin tiba. Berapa lama Ali
bersepeda dari alun-alun ke rumahnya?
Penyelesaian:
Misalkan lama Ali bersepeda adalah t jam. Maka lamanya Udin bersepeda
adalah .
Jarak yang ditempuh Ali sama dengan jarak yang ditempuh Udin.
Jadi
F.
Alokasi waktu : 80 menit
G. Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan : Contextual
Teaching adn Learning (CTL)
Model : Pembelajaran Kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS)
Metode : Diskusi, ceramah, tanya jawab,
kelompok, presentasi, penugasan.
H.
Langkah kegiatan
Sintaks
|
Guru
|
Siswa
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
|
1. Mengingatkan kembali
materi yang berkaitan dengan meyelesaikan PLSV yaitu menentukan bentuk setara
dari PLSV.
2. Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa.
|
1. Siswa mengingat
kembali dan menyimak penjelasan dari guru.
2. Menyimak tujuan
pembelejaran dan motivasi yang disampikan oleh guru.
|
Pendahuluan
· Apersepsi:
|
5 menit
|
Think (berpikir)
Pairing (berpasangan)
Share (berbagi)
|
·
Guru memberikan permasalahan
dalam bentuk LKS untuk diselesaikan olehs iswa.
·
Siswa diberi waktu untuk membaca dan
mengamati permasalahan tersebut agar siswa mengembangkan pemikiran sehingga memiliki
gambaran bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut.
·
Guru mempersilahkan siswa untuk mencari
teman sebagai pasangan dalam kelompok.
·
Guru meminta pasangan-pasangan siswa
saling berbagi dan bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan yang
diberikan.
·
Guru memberikan bimbingan dan membantu
kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing kelompok.
·
Setelah menyelesaikan permasalahan,
beberapa kelompok siswa diminta menyampaikan hasil diskusi di depan kelas untuk
didiskusikan bersama dengan guru dan kelompok lain, serta guru memberikan penguatan
dan apresiasi dari hasil diskusi siswa.
|
·
Siswa menerima permasalahan dalam
bentuk LKS untuk diselesaikan.
·
Membaca dan mengamati permasalahan
yang diberikan sehingga memiliki gambaran bagaimana menyelesaikan permasalahan
tersebut.
·
Mencari teman untuk berkelompok.
·
Masing-masing pasangan bekerja sama
menyelesaikan permasalahan.
·
Siswa dibimbing dan diberibantuan
oleh guru.
·
Beberapa kelompok siswa menyampaikan
hasil diskusi serta diberi tanggapan oleh kelompok lain dan guru.
|
Inti
Eksplorasi
Eksplorasi
Elaborasi
Elaborasi
Elaborasi, konfirmasi
Konfirmasi
|
70 menit
|
|
1. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan yang telah dipelajari.
2. Memberikan tugas
kepada siswa.
|
1. Siswa bersama
guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari.
2. Menerima tugas untuk
diselesaikan
|
Penutup
|
5
menit
|
I. Teknik penilaian
Teknik : Tugas individu.
Bentuk
instrumen : Uraian
Instrumen : Terlampir
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Instrumen
|
Skor
|
2.3. Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
|
·
Menentukan penyelesaian PLSV
·
Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan
|
1.
Sebuah pabrik
roti menggaji seluruh karyawannya Rp100.000,00 tiap hari. Biaya bahan baku
untuk tiap rotiadalah Rp600,00. Harga tiap roti Rp1.100,00. Berapakah banyak
roti yang harus terjual tiap hari agar pendapatan sama dengan
pengeluaran?
2.
Sebuah mobil
dan sepeda motor berangkat bersamaan dan menempuh jarak yang sama. Kecepatan
mobil 60 km/jam sedangkan sepeda motor 45 km/jam. Jika sepeda motor tiba di
tempat tujuan 2 jam setelah mobil tiba, berapakah waktu yang diperlukan mobil
dan berapa waktu yang diperlukan sepeda motor?
|
Total 20
Total 20
|
J.
Pedoman Penilaian
Nilai Akhir =
K.
Alat
dan sumber
· Alat
:
Lembar
Kegiatan Siswa ( LKS )
· Sumber
:
Mengetahui, Yogyakarta,
24 September 2013
Kepala Sekolah Mahasiswa Praktikan