RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Kasihan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Progaram : VII A
Semester : Gasal/I
Standar Kompetensi :
2.
Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar :
2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Menjelaskan
pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Jumlah Pertemuan :
1 pertemuan (2 x 40 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran :
·
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian variabael, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis.
B.
Materi Ajar
1.
Mengenal
bentuk aljabar.
2.
Memodelkan
pernyataan menjadi bentuk aljabar.
3.
Menjelaskan
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.
C.
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Model :
Pembelajaran Koopertif tipe Group Investigation (GI)
Metode :
Diskusi, ceramah, tanya jawab, kelompok, penugasan
Alokasi waktu :
80 menit
D.
Langkah
pembelajaran :
Sintaks
|
Guru
|
Siswa
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
|
1.
Mengingatkan
kembali materi yang berkaitan dengan aljabar yaitu bilangan bulat.
2.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa.
|
1.
Siswa
mengingat kembali dan menyimak penjelasan dari guru.
2.
Menyimak
tujuan pembelejaran dan motivasi yang disampikan oleh guru.
|
Pendahuluan
·
Apersepsi:
|
5
menit
|
Grouping
Planning
Investigation
Organizing
Presenting
Evaluating
|
·
Memberikan stimulus dengan menjelaskan pengertian variabel, konstanta,
koefisien, suku, dan suku sejenis.
·
Membagi
siswa menjadi kelompok yang beranggotakan 3-4 siswa yang heterogen agar siswa
dapat berkembang.
·
Memberikan
LKS untuk dipelajari terlebih dahulu oleh siswa, serta sebagai stimulus.
·
Menjelaskan
tugas dari masing-masing kelompok agar setiap anggota kelompok dapat bekerja
dangan baik.
·
Memberi
tugas yang berbeda pada setiap kelompok agar pengetahuan siswa bertambah.
·
Meminta
siswa membaca materi sesuai LKS yang ada di buku paket untuk menambah
informasi mengenai materi yang akan dipelajri.
·
Meminta
masing-masing kelompok mengerjakan LKS dengan berdiskusi agar mendapatkan ide
dan iformasi dari masing-masing anggota kelompok.
·
Meminta
siswa menyiapkan hasil diskusi untuk dipresentasikan.
·
Mempersilahkan
perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
·
Memberikan
penjelasan atau melengkapi jawaban dari masing-masing kelompok.
·
Mengajak
seluruh siswa menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
|
·
Siswa
memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru, mengajukan pertanyaan,
menanggapi penjelasan/pertanyaan yang diajukan oleh siswa lain.
·
Siswa
berkelompk sesuai instruksi guru.
·
Mempelajari
LKS agar siswa mendapatkan rangsangan.
·
Menerima
tugas dan menyimak penjelasan dari guru.
·
Masing-masing
kelompok menerima tugas.
·
Membaca
buku paket untuk
mendapatkan informasi.
·
Mengerjakan
LKS dengan berdikusi.
·
Menyiapkan
hasil diskusi untuk dipresentasikan.
·
Masing-masing
perwakilan kelompok menyampaikan hasil dikusi.
·
Menyimak
penjelasan dari guru.
·
Menyimpulkan materi yang
telah didiskusikan.
|
Inti
Eksplorasi,
elaborasi
Eksplorasi
Eksplorasi
Eksplorasi
Eksplorasi
Elaborasi,
konfirmasi
Elaborasi,
Konfirmasi
Konfirmasi
Konfirmasi, elaborasi
Konfirmasi
|
70
menit
|
|
1.
Bersama
seluruh siswa membuat
kesimpulan yang telah dipelajari.
2.
Memberikan
pekerjaan rumah.
|
1.
Siswa
bersama guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari.
2.
Menerima pekerjaan rumah.
|
Penutup
|
5
menit
|
E.
Alat dan sumber :
Alat : Lembar Kerja Siswa
Sumber :
Dewi
Nurhaini, Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTS
Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
F.
Teknik : Tugas individu,
tugas kelompok.
Bentuk
instrumen : Uraian
Instrumen :
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Instrumen
|
Skor
|
Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
|
Menjelaskan
pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
1. Tuliskan
kalimat berikut dengan menggunakan variabel x dan y!
a. Kuadrat
suatu bilangan jika ditambahkan 1 menghasilkan bilangan 50.
b. Selisih
umur Dina dan Dani adalah 5 tahun, sedangkan jumlah umur mereka 15 tahun.
2. Pada
bentuk aljabar berikut tentukan variabel, konstanta, koefisien, suku, suku
sejenis, dan suku tak sejenis!
|
10
20
|
G. Pedoman
Penilaian
Nilai
Akhir =
Mengetahui,
Yogyakarta,
4 September 2013
Kepala Sekolah Mahasiswa
Praktikan
Dra.Her Muryani Yuni Tri
Ratnadewi
NIP.
19560428 197512 2 001
NPM.
10144100165