Rabu, 11 September 2013

lks aljbar

LEMBAR KEGIATAN SISWA

Kelompok  :1.                                            3.
2.                                               4.                                              
Kelas          :

Kompetensi Dasar                   :
2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·       Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan          :
Ukurlah  panjang dan lebar meja mu! Jika panjang = p dan lebar = l,
a.       Bagaimana rumus keliling meja dalam bentuk aljabar?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.      Dari bentuk aljabar tersebut memiliki unsur apa saja? Sebutkkan!
...........................................................................................................................................................
c.       Dari bentuk aljabar tersebut merupakan suku berapa? Apa saja suku-suknya?
...........................................................................................................................................................
d.      Suku-suku tersebut suku sejenis atau bukan?
...........................................................................................................................................................
e.       Berapa faktor dari masing-masing suku?
...........................................................................................................................................................






LEMBAR KEGIATAN SISWA

     Kelompok   :1.                                            3.
2.                                                 4.                                           
     Kelas     :

Kompetensi Dasar                   :
2.2. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·       Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan          :
1.      Ambilah alat-alat tulis yang kalian miliki! (pensil, bopen, penggaris)
2.      Ada berapa alat-alat tulis yang kalian miliki?
Pensil= ..........., bolpen = ..............,  penggaris=.............
Jika pensil = , bolpen = , dan penggaris= . Tuliskan ke dalam bentuk aljabar!
...........................................................................................................................................................
3.      Hubungkanlah ketiga betuk aljabar tersebut dengan tanda “+”!
...........................................................................................................................................................
4.      Dari bentuk aljabar tersebut unsur apa saja yang dimiliki? Sebutkkan!
...........................................................................................................................................................
5.      Kemudian bentuk tersebut merupakan suku berapa? Adakah suku yang sejenis?
...........................................................................................................................................................
6.      Berapakah faktor dari masing-masing suku?
...........................................................................................................................................................








LEMBAR KEGIATAN SISWA

Kelompok   :1.                                            3.
2.                                                 4.                                              
Kelas          :

Kompetensi Dasar                   :
2.3. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·       Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan :
a.    Berapakah jumlah seluruh siswa di kelas mu? Berapa jumlah siswa laki-laki dan berapa jumlah siswa perempuan?
.............................................................................................................................................................
Jika siswa laki-laki =  dan siswa perempuan = ,
b.    Tuliskan ke dalam bentuk aljabar!
.............................................................................................................................................................
c.    Tuliskan kalimat berikut ke dalam bentuk aljabar! “ jumlah siswa laki-laki ditambah jumlah siswa perempuan sama dengan tiga puluh”
.............................................................................................................................................................
d.   Dari bentuk aljabar di atas tuliskan unsur-unsur apa saja yang dimiliki!
..........................................................................................................................................................
e.    Dari bentuk aljabar tersebut merupakan suku berapa? Apa saja suku-suknya?
............................................................................................................................................................

f.     Berapakah faktor dari masing-masing suku?