LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Kelompok :1. 3.
2. 4.
Kelas :
Kompetensi Dasar :
2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Menjelaskan
pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan :
Ukurlah panjang
dan lebar meja mu! Jika panjang = p dan
lebar = l,
a.
Bagaimana rumus
keliling meja dalam bentuk aljabar?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Dari bentuk aljabar
tersebut memiliki unsur apa saja? Sebutkkan!
...........................................................................................................................................................
c.
Dari bentuk aljabar
tersebut merupakan suku berapa? Apa saja suku-suknya?
...........................................................................................................................................................
d.
Suku-suku tersebut
suku sejenis atau bukan?
...........................................................................................................................................................
e.
Berapa faktor dari
masing-masing suku?
...........................................................................................................................................................
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Kelompok :1. 3.
2. 4.
Kelas :
Kompetensi Dasar :
2.2. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Menjelaskan
pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan :
1.
Ambilah alat-alat
tulis yang kalian miliki! (pensil, bopen, penggaris)
2.
Ada berapa
alat-alat tulis yang kalian miliki?
Pensil= ..........., bolpen =
.............., penggaris=.............
Jika pensil = ,
bolpen = ,
dan penggaris= .
Tuliskan ke dalam bentuk aljabar!
...........................................................................................................................................................
3.
Hubungkanlah ketiga
betuk aljabar tersebut dengan tanda “+”!
...........................................................................................................................................................
4.
Dari bentuk aljabar
tersebut unsur apa saja yang dimiliki? Sebutkkan!
...........................................................................................................................................................
5.
Kemudian bentuk
tersebut merupakan suku berapa? Adakah suku yang sejenis?
...........................................................................................................................................................
6.
Berapakah faktor
dari masing-masing suku?
...........................................................................................................................................................
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Kelompok :1. 3.
2. 4.
Kelas :
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Menjelaskan
pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
Alokasi waktu : 20 menit
Kegiatan :
a.
Berapakah jumlah
seluruh siswa di kelas mu? Berapa jumlah siswa laki-laki dan berapa jumlah
siswa perempuan?
.............................................................................................................................................................
Jika siswa laki-laki = dan siswa perempuan = ,
b.
Tuliskan ke dalam
bentuk aljabar!
.............................................................................................................................................................
c.
Tuliskan kalimat
berikut ke dalam bentuk aljabar! “ jumlah siswa laki-laki ditambah jumlah siswa
perempuan sama dengan tiga puluh”
.............................................................................................................................................................
d.
Dari bentuk aljabar
di atas tuliskan unsur-unsur apa saja yang dimiliki!
..........................................................................................................................................................
e.
Dari bentuk aljabar
tersebut merupakan suku berapa? Apa saja suku-suknya?
............................................................................................................................................................
f.
Berapakah faktor
dari masing-masing suku?