Sabtu, 30 November 2013

SILABUS

Standar Kompetensi   :  5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
Indikator
Pencapaian kompetensi
Peniliaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
Teknik
Bentuk
Contoh instrumen
5.2.   Meng-gambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.



Grafik Fungsi eksponen dan Logaritma
·    Membuat tabel niali fungsi eksponen dan logaritma
·    Menggambar sketsa grafik fungsi eksponen dan logaritma
·    Menyelidiki sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma

·      Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambar grafik
·      Menemukan sifat-sifat grafk fungsi eksponen dan logaritma
Tertulis
Uraian
Tentukan nilai dari fungsi eksponen berikut ini, kemudain gambarlah grafiknya!
a.   
b.  
1x 20menit
·      Pesta, E.S dan Cecep Anwar H.F.S. 2008. Matematika Aplikasi SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
·      Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
·      Graph. Software pembuat grafik.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
NamaSekolah                          : SMA
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas /Progaram                      : XII
Semester                                  : Genap
StandarKompetensi                :
5.        Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
KompetensiDasar                    :
5.2.Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.
IndikatorPencapaianKompetensi        :
1.  Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambargrafik.
2. Menemukan sifat-sifat grafk fungsi eksponen dan logaritma
AlokasiWaktu             : 1 x 20 menit
A.    TujuanPembelajaran
1.      Peserta didik dapat menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambar grafik.
2.      Peserta didik dapat menemukan sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma.
B.     Materi Ajar
1.      Grafik fungsi eksponen dengan bilangan pokok .
Gambarkan grafik dari fungsi  dengan bilangan pokok 2.
Tabel nilai x dan f(x)
...
-3
-2
-1
0
1
2
3
...
0
...
1
2
4
8
...
0
                     Gambar grafik
2.      Grafik fungsi eksponen dengan bilangan pokok .
Gambarkan grafik dari fungsi
Tabel nilai x dan f(x)
...
-3
-2
-1
0
1
2
3
...
0
...
...
0
Gambargrafik
C.        Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan          : Student Center
Model                  :Pembelajaran Kooperatif tipe NHT(Number Head Together)
Metode                : Diskusi, ceramah, kelompok, presentasi, penugasan
D.    Langkahkegiatan:
Sintaks
Guru
Siswa
Kegiatan
Alokasiwaktu


1.      Mengingatkankembalimaterisebelumnyatentangsifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma.
2.      Menyampaikantujuanpembelajaranyaitusiswadapat menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambar grafik.
3.      Memberikanmotivasikepadasiswabahwasetelahmempelajarimenggambar grafik fungsi eksponen dan logaritmadapat menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana.

1.      Siswamengingatkembalidanmenyimakpenjelasandari guru.

2.      Menyimaktujuanpembelejaran yang disampikan guru.




3.      Menyimak motivasi yang diberikan guru.

Pendahuluan
·         Apersepsi











·         Motivasi
5 menit

Penomoran (Numbering)








Pengajuan pertanyaan
(Questioning)

Berpikir bersama
(Head Together)














Pemberian jawaban
(Answering)

1.      Membagi siswa menjadi beberapa  kelompok masing-masing beranggota3-5 siswa yang heterogen, agar siswadapatberkembang, kemudian memberi siswa nomor agar masing-masing siswa bertanggungjawab.
2.      Memberikan pertanyaan mengenai grafik fungsi eksponen dan logaritma.
3.      Memberikan LKS yang berisi permasalahan untuk dipecahkan oleh siswa.


4.      Memberikan bimbingan dan arahan kepada masing-masing kelompok.









5.      Menyebutkan salah satu nomor dan meminta siswa yang memiliki nomor tersebut menjelaskan jawaban dari permasalahan yang ada di LKS.


1.      Setiap siswa dalam kelompok mempunyai nomor berbeda-beda,sesuai dengan jumlah siswa di dalam kelompok.



2.      Mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.


3.      Menyelesaikan permasalahan yang ada di LKS.


4.        Siswa berpikir bersama untuk menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota kelompok sehingga semua anggota mengetahui jawaban dari pertanayaan yangdiberikan.

5.      Menjelaskan jawaban dari permasalahan.
Inti
Eksplorasi









Eksplorasi,
Konfirmasi



Eksplorasi, elaborasi




Konfirmasi










Konfirmasi,
elaborasi

10 menit


1.      Bersama siswa membuat kesimpulan.

2.      Memberikan tugas.

1.      Bersama guru membuat kesimpulan.
2.      Menerima tugas.
Penutup

5   menit
E.     Alatdansumber:
Alat :
·      LKS
·      Penggaris
·      Software pembuat grafik




Sumber :
·     Pesta, E.S dan Cecep Anwar H.F.S. 2008. Matematika Aplikasi SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
·     Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
F.      Penilaian
Teknik                   : Tugasindividu, tugaskelompok.
Bentukinstrumen   : Uraian
Instrumen              :
1.    Tentukan nilai dari fungsi eksponen  , kemudian buatlah grafiknya!
Jawab:                                                 gambar grafik: skor 10
skor
1
 ...
...
1
-3
4
1
-2
2
1
-1
1
1
0
1
1
1
2
1
3
1
...
...
1
Total skor
10










2.      Gambarlah grafik fungsi eksponen !
Jawab:                                    gambar grafik: skor 10
skor
1
 ...
...
1
-3
1
-2
1
-1
1
0
8
1
1
1
2
1
3
1
...
...
1
Total skor
10

G.    PedomanPenilaian
NilaiAkhir =  10


     Mengetahui,                                                                      ..................,.......................
Kepala SMA                                                                     Guru Mata Pelajaran





`    ..............................................                                            ......................................................
     NIP.                                                                                  NIP.





 
 





Lembar Kerja Siswa 
(LKS)
Mata pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester           : XII/2
Waktu                         : 10 menit
Indicator pencapaian  :
Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambargrafik.
TujuanPembelajaran    :
Peserta didik dapat menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma un tuk menggambar grafik.

Petunjuk                      :
1.      Baca soaldengancermatsebelummengerjakan.
2.      Diskusikanbersamaanggotakelompok da konsultasikandengan guru.
3.      Sampaikanhasildiskusidi depankelas.
Nama                           :
1.       
2.       
3.       
4.       













Jikadiketahuisebuahfungsieksponenyaitu:
a.       ,
b.     
Gambarkanlahgrafikdarifungsitersebut!

Petunjuk:
1.    Nilai x nya -3<x<3terlebihdahuludansubstitusipadafungsi.
2.    Buatlahtabelnilai x dan.
3.    Gambarkangrafikdarinilai x dan yang telah diperoleh.

Penyelesaian:
a.       Tabel



















b.      Tabel



















 
Jikadiketahuisebuahfungsieksponenyaitu:
a.    ,
b.   
Gambarkanlahgrafikdarifungsitersebut!

Petunjuk:
1.    Nilai x nya -2<x<2terlebihdahuludansubstitusipadafungsi.
2.    Buatlahtabelnilai x dan.
3.    Gambarkangrafikdarinilai x dan yang telah diperoleh.

Penyelesaian:
a.       Tabel



















b.      Tabel