SILABUS
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan aturan
yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
kompetensi
|
Peniliaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
instrumen
|
||||||
5.2. Meng-gambar grafik fungsi eksponen dan
logaritma.
|
Grafik Fungsi eksponen dan Logaritma
|
· Membuat tabel niali
fungsi eksponen dan logaritma
· Menggambar sketsa
grafik fungsi eksponen dan logaritma
· Menyelidiki sifat-sifat
grafik fungsi eksponen dan logaritma
|
·
Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk
menggambar grafik
·
Menemukan sifat-sifat grafk fungsi eksponen dan
logaritma
|
Tertulis
|
Uraian
|
Tentukan
nilai dari fungsi eksponen berikut ini, kemudain gambarlah grafiknya!
a.
b.
|
1x 20menit
|
·
Pesta, E.S dan Cecep Anwar H.F.S. 2008. Matematika
Aplikasi SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
· Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA Kelas XII. Jakarta:
Erlangga.
·
Graph. Software pembuat grafik.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
NamaSekolah : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Progaram : XII
Semester : Genap
StandarKompetensi :
5.
Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen
dan logaritma dalam pemecahan masalah
KompetensiDasar :
5.2.Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.
IndikatorPencapaianKompetensi :
1. Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambargrafik.
2. Menemukan sifat-sifat
grafk fungsi eksponen dan logaritma
AlokasiWaktu : 1 x 20
menit
A. TujuanPembelajaran
1. Peserta didik dapat menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk
menggambar grafik.
2. Peserta didik dapat menemukan sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan
logaritma.
B.
Materi Ajar
1.
Grafik fungsi
eksponen dengan bilangan pokok .
Gambarkan grafik dari fungsi dengan bilangan pokok 2.
Tabel nilai x dan f(x)
|
|
...
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
...
|
|
|
0
|
...
|
|
|
|
1
|
2
|
4
|
8
|
...
|
0
|
Gambar grafik
2.
Grafik fungsi eksponen dengan bilangan pokok .
Gambarkan grafik dari fungsi
Tabel nilai x dan f(x)
|
|
...
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
...
|
|
|
0
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
0
|
Gambargrafik
C.
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan : Student
Center
Model :Pembelajaran Kooperatif tipe NHT(Number Head Together)
Metode : Diskusi, ceramah, kelompok,
presentasi, penugasan
D. Langkahkegiatan:
Sintaks
|
Guru
|
Siswa
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
|
1.
Mengingatkankembalimaterisebelumnyatentangsifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma.
2.
Menyampaikantujuanpembelajaranyaitusiswadapat menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk
menggambar grafik.
3.
Memberikanmotivasikepadasiswabahwasetelahmempelajarimenggambar grafik fungsi eksponen dan logaritmadapat menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau
logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana.
|
1.
Siswamengingatkembalidanmenyimakpenjelasandari
guru.
2.
Menyimaktujuanpembelejaran
yang disampikan guru.
3.
Menyimak motivasi yang diberikan guru.
|
Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Motivasi
|
5 menit
|
Penomoran (Numbering)
Pengajuan pertanyaan
(Questioning)
Berpikir bersama
(Head Together)
Pemberian jawaban
(Answering)
|
1. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok masing-masing beranggota3-5
siswa yang heterogen,
agar siswadapatberkembang, kemudian memberi
siswa nomor agar masing-masing siswa bertanggungjawab.
2. Memberikan pertanyaan mengenai grafik fungsi eksponen dan logaritma.
3. Memberikan LKS yang berisi permasalahan untuk dipecahkan oleh siswa.
4. Memberikan bimbingan dan arahan kepada masing-masing kelompok.
5. Menyebutkan salah satu nomor dan meminta siswa yang memiliki nomor
tersebut menjelaskan jawaban dari permasalahan yang ada di LKS.
|
1.
Setiap siswa dalam kelompok mempunyai
nomor berbeda-beda,sesuai dengan
jumlah siswa di dalam kelompok.
2.
Mencoba menjawab pertanyaan
yang diajukan oleh guru.
3.
Menyelesaikan permasalahan yang
ada di LKS.
4.
Siswa berpikir bersama untuk
menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota kelompok sehingga
semua anggota mengetahui jawaban dari pertanayaan yangdiberikan.
5.
Menjelaskan jawaban dari
permasalahan.
|
Inti
Eksplorasi
Eksplorasi,
Konfirmasi
Eksplorasi, elaborasi
Konfirmasi
Konfirmasi,
elaborasi
|
10 menit
|
|
1. Bersama siswa membuat kesimpulan.
2. Memberikan tugas.
|
1.
Bersama guru membuat
kesimpulan.
2.
Menerima tugas.
|
Penutup
|
5
menit
|
E. Alatdansumber:
Alat :
· LKS
· Penggaris
· Software pembuat grafik
Sumber
:
·
Pesta, E.S dan
Cecep Anwar H.F.S. 2008. Matematika Aplikasi SMA dan MA Kelas XII Program Studi
Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
·
Wirodikromo,
Sartono. 2006. Matematika untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
F. Penilaian
Teknik : Tugasindividu,
tugaskelompok.
Bentukinstrumen : Uraian
Instrumen :
1.
Tentukan nilai dari
fungsi eksponen , kemudian buatlah grafiknya!
Jawab: gambar
grafik: skor 10
|
|
skor
|
1
|
||
...
|
...
|
1
|
-3
|
4
|
1
|
-2
|
2
|
1
|
-1
|
1
|
1
|
0
|
|
1
|
1
|
|
1
|
2
|
|
1
|
3
|
|
1
|
...
|
...
|
1
|
Total skor
|
10
|
2. Gambarlah grafik fungsi eksponen !
Jawab: gambar
grafik: skor 10
|
|
skor
|
1
|
||
...
|
...
|
1
|
-3
|
|
1
|
-2
|
|
1
|
-1
|
|
1
|
0
|
8
|
1
|
1
|
|
1
|
2
|
|
1
|
3
|
|
1
|
...
|
...
|
1
|
Total skor
|
10
|
G.
PedomanPenilaian
NilaiAkhir = 10
Mengetahui, ..................,.......................
Kepala
SMA
Guru Mata Pelajaran
` .............................................. ......................................................
NIP.
NIP.
|
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII/2
Waktu :
10 menit
Indicator pencapaian :
Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambargrafik.
TujuanPembelajaran :
Peserta didik
dapat menentukan
nilai fungsi eksponen dan logaritma un tuk menggambar grafik.
Petunjuk :
1. Baca
soaldengancermatsebelummengerjakan.
2. Diskusikanbersamaanggotakelompok
da konsultasikandengan guru.
3. Sampaikanhasildiskusidi
depankelas.
Nama :
1.
2.
3.
4.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|