Senin, 14 Desember 2015

Selamat malam, salam sapa dari Aceh Timur
ya...
siapa sangka kini saya telah menginjakkan kaki di tanah rencong, daerah istimewa NAD, tepatnya di kabupaten Aceh Timur. Hmm... tak terasa hampir empat bulan saya berada di sini, mencoba berbagi dengan anak-anak Aceh Timur SMP Negeri 3 Julok. terkadang saya masih merasa nyatakah ini, saya ada di sini bersama mereka, bersama anak-anak hebat di sini. Selama hampir empat bulan ini saya mengalami berbagai rasa, mulai dari semangat menggebu-gebu hingga mulai sedikit menyerah. Saya terkadang berpikir apakah saya terlalu terobsesi dengan tanggungjawab yang saya pegang, apakah saya terlalu egois, apakah saya terlalu memaksakan kehendak, apakah saya terlalu serakah ingin menguasai anak-anak? Karena rasanya begitu sulit memahamkan kepada mereka ap ayang saya berikan. Pikiran-pikirna itu terkadang membuat saya melemah. Saat itu terjadi terlintas di benak saya wajah-wajah kedua puluh anak-anak, terbersit senyum dan tawa mereka. Tawa itu, senyum itu meluluhkan segala rasa lemah, gelisah, dan takut. Kini saya sadari, yang saya butuhkan hanyalah ikhlas. Ikhlaskan, saya dan anak-anak sudah berusaha sebaik-baiknya, sisanya serahkan kepada Yang Maha Kuasa atas segala alam semesata dan isinya. 

Semangatlah anak-anak, kita pasti bisa, perlahan mari kita lepaskan keluh ganti dengan usaha dan semangat  ^_^