Standar Kompetensi :
1.
Memahami
bentuk aljabar, fungsi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar :
1.3. Memahami fungsi dan fungsi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Jumlah
Pertemuan : 1 pertemuan (2 x 40
menit)
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat membuat contoh fungsi yang terkait
dengan kehidupan sehari-hari.
2.
Siswa dapat membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi.
3.
Siswa dapat menyatakan fungsi dengan diagram
panah, diagram kartesius, pasangan berurutan.
4.
Siswa dapat menentukan domain, kodomain, dan
range.
Kegiatan belajar I :
1.
Catatlah 5
nama temanmu dan hari piketnya!
2.
Jika A=
himpunan nama-nama temanmu dan B= himpunan hari piket
Tuliskan himpunan A dan himpunan B!
3.
Apakah relasi
tersebut merupakan fungsi?
4.
Jika relasi
tersebut merupakan fungsi, nyatakan dalam diagram panah, diagram cartesius, dan
pasangan berurutan!
Kegiatan belajar II :
Andi memiliki hobi membaca buku. Andi bercita-cita
memiliki perpustakaan pribadi namun ia baru memiliki sebuah buku, maka untuk
mewujudkan cita-citanya setiap hari ia menabung. Pada bulan pertama ia membeli
sebuah buku sehingga ia memiliki dua buku. Untuk bulan seterusnya ia selalu
membeli satu buku sampai bulan ke tujuh.
Jika A= himpunan
buan ke- , B= himpunan jumlah buku setiap bulan.
a.
Tuliskan
himpunan A dan B!
b.
Buatlah rumus
notasi fungsinya!
c.
Tentukan
nilai fungsi tersebut!
d.
Tuliskan
domain, kodomain, dan range!
e.
Gambarkan
fungsi tersebut dengan diagram caretsius!